Tips Hindari Penipuan Berkedok Usaha yang Menjanjikan

Tips Hindari Penipuan Berkedok Usaha yang Menjanjikan Setiap pengusaha pasti tidak terlepas dari namanya usaha yang menjanjikan. Mereka selalu mencari peluang terbaik, untuk mendapatkan usaha yang menjanjikan. Tidak tanggung-tanggung, para pengusaha rela membaca banyak buku, belajar dari trainer-trainer handal, hingga berbulan-bulan melakukan observasi hanya untuk menemukan sebuah usaha yang menjanjikan.

Sebelum kita lebih lanjut, dapatkah anda mendefinisikan apa itu usaha yang menjanjikan? Jika sudah, itu artinya anda pembelajar yang rajin. Jika belum biar saya beri pandangan. Usaha yang menjanjikan adalah sebuah jenis usaha yang memiliki prospek cerah, baik dari segi keuntungan maupun perkembangan usaha. Usaha-usaha yang menjanjikan biasanya usaha yang memproduksi barang-barang primer seperti bahan-bahan pokok, usaha barang-barang mewah, hingga usaha berbasis teknologi.

Sebagai seorang pengusaha, pasti anda memperhitungkan terlebih dahulu, seberapa menjanjikannya sebuah usaha sebelum memulainya. Seperti yang saya sebutkan tadi, anda pasti memulainya dengan membaca banyak referensi, mengikuti training usaha, hingga observasi ke usaha-usaha lain yang telah sukses. Hal tersebut sangat bagus jika anda benar-benar melakukannya. Karena hal tersebut bisa mengurangi kemungkinan tertipu usaha-usaha yang menjanjikan keuntungan besar, namun ternyata bohong.

Saat ini, banyak sekali usaha-usaha yang ditawarkan oleh seseorang dengan modal kecil namun menjanjikan keuntungan yang besar. Namun ternyata, usaha-usaha tersebut tidak lain hanyalah sebuah metode penipuan yang ditujukan kepada usahawan pemula. Anda harus mulai berhati-hati mulai saat ini. Agar terhindar dari penipuan, berikut saya berikan tips-tips melihat usaha yang menjanjikan namun abal-abal.

1. Lihat modal dan hasilnya

Jika ada yang menawarkan anda sebuah usaha yang menjanjikan dengan modal ratusan ribu namun dengan omset puluhan juta, jangan langsung loncat kegirangan. Justru anda harus berhati-hati apabila melihat gap antara modal dan omset tidak masuk akal semacam itu. Dalam usaha memang diperlukan mencoba, mencoba, dan mencoba, namun kita tetap dituntut kritis dan selektif agar tidak terjerat penipuan yang hanya akan membuat frustasi saja.
Selain itu, sebagai pengusaha seharusnya kita juga bersikap rasional. Sebesar-besarnya keuntungan, jika itu lebih dari 100 persen, kita patut curiga. Jangan-jangan hal tersebut menarik kita untuk menyumbangkan uang lebih banyak, baru kemudian di bawa lari. Amit-amit, jangan sampai hal tersebut terjadi pada kita.

Kemudian jangan lupa bahwa usaha itu merupakan sebuah proses. Jalan cepat sangat beresiko untuk ditempuh. Jangan gegabah, jalani prosesnya. Karena di setiap proses di sana sudah satu paket dengan pengalaman, pendewasaan, dan pengetahuan.

2. Disebarkan melalui medsos

Kebanyakan usaha yang menjanjikan namun abal-abal, menawarkan diri melalui media sosial. Di samping murah, media sosial juga memiliki pengguna yang banyak, sehingga kemungkina terjaringnya korban akan semakin meningkat.

Untuk yang satu ini, anda pasti sudah pernah melihatnya. Sebagai gambaran misalnya usaha online bombastis, bisnis pelangsing, pelembut, pemutih, dan lain sebagainya.

3. Web tidak profesional

Di postingan media sosial mereka, kadang-kadang usaha menjanjikan abal-abal menyertakan link sebuah web. Ketika kita klik, kita akan dibawa ke sebuah halaman web yang menawarkan usaha mereka. Lihatlah, betapa berantakannya web mereka.

Bagaimana pun kita harus Ingat, ciri usaha profesional bisa dilihat dari webnya. Minimal mereka memiliki hosting pribadi, tidak menggunakan blog gratisan semisal blogspot atau wordpress. Web usaha profesional juga ditata sangat rapi. Informasi di dalamnya juga lengkap, bahkan biasanya terdapat chating on 24 jam.

Itulah tips agar terhindar dari penawaran usaha menjanjikan namun abal-abal. Anda perlu selalu waspada, gunakan modal anda untuk membangun usaha yang sehat dari bawah. Jangan tergiur modal kecil keuntungan besar. Jangan tergoda jalan pintas sukses yang sangat jelas tipuannya.

Sebagai contoh, saya akan memberikan sebuah usaha yang sudah profesional. Usaha tersebut bernama STAR SHARE. Anda tidak akan menemukan usaha ini di media sosial manapun, tidak juga menjanjikan keuntungan besar di luar nalar, serta yang paling penting, STAR SHARE memiliki web yang dikelola secara profesional. Jangan ragu menginvestasikan uang anda di sana. Investasi di STAR SHARE saya sarankan karena sudah terbukti sebagai usaha yang menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *